PT Agrobisnis Banten Menyatakan Siap Untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan di Banten

PT Agrobisnis Banten Menyatakan Siap Untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan di Banten
Agrobisnis - Selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Banten, PT Agrobisnis Banten Mandiri (ABM) menyatakan siap untuk mewujudkan kedaulatan pangan di Provinsi Banten dengan cara mengoptimalkan bisnis pertanian dan peternakan.

Ilham Mustofa selaku Direksi PT Agrobisnis Banten Mandiri (ABM) mengatakan, Provinsi Banten saat ini masih mempunyai peluang yang besar dalam memenuhi kebutuhan daging dan beras dalam jumlah dan kualitas yang bagus.

"Tantangannya adalah menghimpun seluruh proses produksi pertanian dan peternakan supaya terintegrasi, sehingga hasil tani mempunyai nilai tambah untuk dijual ataupun memenuhi kebutuhan daerah Banten," ucap Ilham saat dikantor ABM, Senin (16/11/20).

Ilham juga mengatakan untuk sektor pertanian pada 2021 nanti, Agrobisnis Banten Mandiri (ABM) akan membidik produksi beras berkualitas premium, dengan menghadirkan mesin penggiling padi (rice polisher) yang mumpuni.

"Sejauh ini, saya melihat kualitas gilingan padi di Banten hanya bisa memproduksi kualitas beras medium saja," ujar Ilham.

Sementara itu, untuk sektor peternakan BUMD ABM akan berfokus pada produksi hewan ternak seperti sapi, kambing, ikan gurame dan lele.

"Salah satu cara menghimpun para peternak di Banten dalam satu wadah baik itu CV, PT maupun koperasi, supaya tau berapa banyak kapasitas produk ternak, kemudian diberikan pengajaran atau pelatihan khusus terutama pengenalan teknologi untuk mempermudah aktivitas ternak," katanya.

Saat ini diketahui, untuk guna memenuhi dan mewujudkan kedaulatan pangan di Banten, Pemprov Banten telah mengucurkan dana ke BUMD PT Agrobisnis Banten Mandiri sebesar 300 miliar pada tahun anggaran 2021 untuk mendirikan perusahaan. 
Share :

Add New Comment

 Your Comment has been sent successfully. Thank you!   Refresh
Error: Please try again