Pengembangan Agro-Hub ( Distribution Center ) dan Modern Agro Supply Chain Tahun 2021

Pengembangan Agro-Hub ( Distribution Center ) dan Modern Agro Supply Chain Tahun 2021

AGROBANTEN – Pada Hari Rabu, 18 Agustus 2021 Bertempat di Hotel Le-dian Universitas sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Bersama PT Agrobisnis Banten Mandiri menyelenggarakan Kick Off Meeting pengembangan Agro Hub ( Distribution Center ) dan Modern Agro Supply  Chain di Provinsi Banten.

Melalui pengembangan Agro-Hub (distribution center ) dan Modern Agro Supply Chain , PT Agrobisnis Banten Mandiri Bersama dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa akan menyediakan warehouse, packing house dan display product atau Agro Mart Untuk memudahkan proses pengemasan, penyimpanan sampai kepada pendistribusian hasil pertanian yang berada di Provinsi Banten kepada pasar.

PT. ABM dengan Agro-hub bersinergi dengan Kedaireka dalam implementasinya. Kita akan punya sebuah warehouse, packing house, dan forwarding yang memadai sehingga hasil dari peternak, petani, dan UMKM tidak lagi keluar dari Banten (untuk diolah) tetapi sudah langsung dipasarkan di Banten.” Terang Direktur Operasional PT. ABM, Ilham Mustofa, M.IP. Ia pun berharap model pengembangan tersebut mampu menumbuhkan gerakan usaha pangan yang luar biasa di Provinsi Banten.

“Kita ingin mendekatkan petani dengan market melalui mediasi dari kita. Agro-Hub yang ada di PT. ABM akan menjadi off-taker yang mengambil langsung dari petani, diolah, dikemas atau dibranding sesuai dengan brand kita.” Ungkap Iman.

“Mudah-mudahan ini memberikan manfaat bagi percepatan pembangunan di Provinsi Banten, khususnya akan berdampak bagi meningkatnya pertumbuhan ekonomi sekaligus ketahanan pangan masyarakat Banten.” Harap Rektor Untirta, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T.

Program ini akan dibagi menjadi 5 Work Packages, yakni (1) WP 1 berupa simulasi logistic dan alur proses bisnis dalam Agro-Hub, (2) WP 2 berupa Detail Engineering Design (DED) untuk warehouse, packing house, dan display product, (3) WP 3 berupa praktisi mengajar di kampus dan dosen memberikan pelatihan dan pengembangan inkubator bisnis modern berbasis digital kepada industri, (4) WP 4 berupa pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) untuk manajemen Agro-Hub, dan (5) WP 5 berupa pengembangan Advanced Logistics & E-commerce.

Share :

Add New Comment

 Your Comment has been sent successfully. Thank you!   Refresh
Error: Please try again